Universa i Lingua

Dari RPG Fantasy Web Indonesia Wiki
Langsung ke: navigasi, cari

Universa i Lingua (juga disingkat UiL) atau Bahasa Umum adalah sebuah bahasa yang digunakan dalam RPN Our Journey. UiL dibuat untuk memberikan sedikit sentuhan lain dalam RPN Our Journey, walaupun secara tidak sengaja bernama sama dengan Bahasa Umum yang digunakan oleh Lord of the Rings.

Sejarah

UiL lahir dari bahasa fantasi Rèctannian yang dibuat untuk RPG Legend of Rectannia (menggunakan RPG Maker 95. Versi pertama RPN Our Journey belum mengadopsi UiL hingga RPG Fantasy Indonesia lahir. Keputusan untuk membuat suplemen bahasa untuk RPN Our Journey diambil sebelum Èxsharaèn membaca buku pertama Lord of the Rings. Walaupun demikian, suplemen ini belum dirilis untuk umum.

Ejaan

UiL menggunakan 26 huruf dalam bahasa Indonesia dan beberapa huruf tambahan untuk vokal. Kebanyakan cara baca huruf pada UiL sama dengan bahasa Indonesia, kecuali untuk huruf-huruf tambahan yang tidak ada di bahasa Indonesia. Untuk itu, RPN Our Journey sering menyertakan panduan baca[1], yang disadur dari panduan baca yang diterbitkan resmi oleh Departemen Bahasa Gaia. Panduan baca ini berbeda dengan International Phonetic Alphabet yang umum digunakan. Secara umum, panduan baca UiL diapit dengan tanda garis miring /, dengan tanda titik memisahkan setiap suku kata. Tekanan ditandai dengan tanda kutip tunggal ' atau tanda kutip ganda ".

Vokal

UiL mengenal lima vokal utama, yaitu a, e, i, o, dan u. Cara baca kelima vokal ini sama persis dengan bahasa Indonesia (anda, terang, ikan, tempo, udang). Selain kelima huruf vokal tersebut, UiL juga mengenal huruf vokal berikut:

Vokal Turunan Bantuan ejaan Serupa dengan Catatan Contoh Arti
a â /a/ akan Huruf a pertama yang mendahului â berubah bunyi menjadi /e/
Jika suku kata yang mengandung â berada di depan, suku kata itu sendiri yang ditekan
bravâgna /bre.'va.nya/ keberanian
a ã /æ/, /e/ about, at Tergantung posisi, biasanya digunakan untuk membaca a pada bahasa Inggris Stãsh /stæsh/ (nama tokoh)
e é /é/ tempe Suku kata ditekan kél /kél/ lima
e è /è/ coret Suku kata ditekan Èxsharaèn /'èks.sha.ra.'èn/ (nama tokoh)
i í /i/ ikan Suku kata sebelumnya ditekan
Jika suku kata yang mengandung í berada di depan, suku kata itu sendiri yang ditekan
Trihollían /tri.'hol.li.an/ Tiga Karunia
o ö /ö/ obat Suku kata sedikit ditekan Trihörrèan /tri.'hör."rè.an/ Tiga Pahlawan
u û /u/ udang Huruf a pertama yang mendahului û berubah bunyi menjadi /e/
Suku kata ber-a menghilang, suku kata ber-û ditekan kuat
maranûth /ma.re."nuth/ harapan
u ü /a/ akan Suku kata ditekan münchoa /'man.cho.a/ (kata bilangan kardinal)
u ú /e/ fur Tergantung kata. ú sudah jarang digunakan thúmn /themn/ sana
a, e æ /æ/ naega Mirip diftong ae pada bahasa Korea æs /æs/ tujuh

Konsonan

UiL mengenal 21 konsonan seperti dalam bahasa Indonesia. Cara baca sebagian besar konsonan tetap sama seperti bahasa Indonesia, kecuali konsonan berikut:

Konsonan Perubahan bunyi Catatan Contoh
c c, k Tidak ada pola khusus Cura /ku.ra/
ch ch, kh Tidak ada pola khusus Trichèpalocani /tri.chè.pa.lo.ka.ni/
chlörum /khlö.rum/
cy ci, cy Tidak pernah dibaca /si/ cyanum /cya.num/ atau /ci.a.num/
gn /gn/[konsonan 1], /n/, /ny/ Tidak ada pola khusus untuk /ny/
Jika gn berada di awal kata, dapat dibaca /gn/ atau /n/ namun bukan /ny/
bravâgna /bre.'va.nya/
Gnomæ /gno.mæ/ atau /no.mæ/
y /y/, /i/ Tidak ada pola khusus yyrth /yirth/

Catatan:

  1. Gn dapat terpisah menjadi /g.n/, tergantung konteks. Pada UiL tertulis, tidak ada cara untuk membedakan gn ini dengan gn yang disambung, sehingga RPN Our Journey menambahkan bantuan ' untuk menuliskan gn terpisah. Contoh: /ja.rag.nog/ dapat ditulis Jarag'nög atau Jaragnög.

Tata bahasa

Tata bahasa UiL disederhanakan dari bahasa Rèctannian sedemikian rupa sehingga familiar untuk pembaca yang terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris.

Asal kata

UiL banyak menyerap kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Latin. Secara umum, kata dalam bahasa asli diserap sesuai dengan pengucapan dan ejaan dalam UiL, sehingga beberapa kata dapat berubah total dari bentuk aslinya. Ini tampak pada beberapa karsh yang diserap langsung dari bahasa Inggris. Sebagai contoh:

  • Söldia berasal dari kata soldier yang merujuk prajurit kerajaan secara umum.
  • Pölisia diserap apa adanya dari kata polisi.
  • Thæft bukan berasal dari kata thief melainkan theft. Ini sedikit menyalahi aturan karena dalam UiL pelaku suatu pekerjaan dapat ditandai dengan akhiran -i-ru.

Contoh serapan dari bahasa Latin:

  • Trichèpalocani berasal dari kata tri (tiga), chepalo (berhubungan dengan kepala), dan cani (anjing). Secara harafiah, ini berarti anjing berkepala tiga yang merujuk langsung ke Cerberus.
  • Insnapöda berasal dari kata insna (UiL: sepuluh) dan poda (kaki), berarti binatang berkaki sepuluh.

Beberapa kata dapat diturunkan secara tidak langsung. Biasanya penurunan seperti ini tergantung pada karakteristik kata yang hendak diturunkan:

  • Slyth Mörtèmish-i-ru berarti assassin dalam bahasa Inggris. Slyth diadaptasi dari kata slit sementara kata mörtèmish merujuk pada kata mortem (Latin: kematian). Penurunan seperti ini dilakukan karena Slyth Mörtèmish-i-ru biasa mengakhiri hidup targetnya dengan melukai tenggorokan.
  • Anti-Fira Clash-i-ru berarti pemadam kebakaran, yang sebenarnya diadaptasi dari fire fighter dalam bahasa Inggris. Awalan anti- cukup jarang muncul pada UiL; fira adalah tata nama magi kedua untuk Fir, sementara clash sendiri diadaptasi untuk merujuk pada pertempuran antara api melawan pemadam kebakaran.

Pola kalimat

Tidak seperti Rèctannian yang menggunakan pola PKOS (predikat-keterangan-objek-subjek) yang dirasa terlalu rumit, UiL menggunakan pola SPOK (subjek-predikat-objek-keterangan) yang umum digunakan pada bahasa Indonesia dan Inggris. Kebanyakan aturan tata bahasa untuk pola kalimat diadaptasi langsung dari bahasa Indonesia, misalnya penggunaan kata sambung mar (dan), i (atau), dan sebagainya.

Tenses

UiL mengadaptasi beberapa tenses utama dalam bahasa Inggris, seperti past, present, dan future. Tense pembantu terdiri dari progressive dan perfect, sehingga total ada enam tenses yang digunakan UiL. Berbeda dengan bahasa Inggris, UiL tidak mengenal perubahan kata kerja. Tense ditandai dengan kata penutup kalimat (kecuali untuk future yang menggunakan modal shalla, diserap langsung dari modal shall):

  • Present: èst (tidak berarti)
  • Past: vèst (dulu)
  • Future: fæst (akan)
  • Progressive: mèst (sedang)
  • Perfect: hæst (sudah)

Tense pembantu cukup jarang digunakan, terutama jika pendengar sudah tahu kapan suatu kejadian terjadi.

Penggunaan

UiL lebih sering digunakan pada tata nama karsh dan magi, atau apapun yang membutuhkan tata nama. UiL sendiri tidak diucapkan langsung oleh beberapa tokoh dalam RPN, kecuali bangsa Èlf yang masih sesekali menggunakannya di samping bahasa Èlf sendiri. UiL juga digunakan untuk menulis lagu atau puisi, walaupun UiL membebaskan aturan tata bahasanya di bidang seni.

Referensi

  1. Universa i Lingua, diubah 8 Februari 2006, diakses 26 Maret 2013. Wiki ini menggunakan konvensi baru untuk menyatakan cara baca huruf e pada berat, yaitu menggunakan /e/ dan bukannya /ê/.