Our Journey (RPN)

Dari RPG Fantasy Web Indonesia Wiki
Langsung ke: navigasi, cari

RPN Our Journey (juga sering disingkat sebagai RPN OJ) adalah satu-satunya produk dari RPG Fantasy Web Indonesia, yaitu sebuah Role-Playing Novel yang mengadaptasi beberapa RPG yang dianggap legendaris, seperti The Legend of Zelda, The Lord of the Rings, Final Fantasy, Lufia II, dan menggabungkannya dengan konsep cerita tersendiri untuk membuat sebuah cerita baru. RPN OJ dapat dikategorikan sebagai sebuah fan-fiction. Hingga bulan Juli 2014, RPN OJ terdiri dari 40 bab, dengan bab 41 sedang dalam pengerjaan.[1]

Sejarah

Seiring dengan perilisan situs RPCom, Hoshiro saat itu memutuskan untuk membuat sebuah RPN untuk membedakan situs tersebut dari situs-situs serupa yang mungkin bermunculan setelahnya. Seluruh anggota RPCom, yang saat itu berjumlah tujuh orang, akan memiliki seorang tokoh tersendiri, dengan tiga orang menjadi tokoh utama, dua orang menjadi tokoh sampingan, dan dua orang sisanya menjadi tokoh antagonis. RPN ini juga diberi judul Our Journey, dan saat itu masih ditulis dalam sebuah buku tulis. Naskah asli Our Journey saat ini disimpan Stash.

Setelah Hoshiro memutuskan untuk keluar dari RPCom dan mendirikan situs RPG Fantasy Indonesia, novel ini tetap dipertahankan, dengan nama seluruh tokoh, kecuali Hoshiro dan Stash, diubah untuk menghindari konflik di kemudian hari. Cerita yang sudah dibuat dirombak ulang dengan penambahan dua bab pertama, sehingga Chapter 1 naskah lama menjadi Chapter 3 naskah baru. Naskah Our Journey pun ditulis di komputer dengan bantuan Microsoft Word. Beberapa salinan dipertahankan untuk menghindari hilangnya naskah, dan kini naskah terbaru Our Journey disimpan dengan bantuan penyimpanan awan Dropbox.

Cerita

Lihat juga: alur cerita RPN Our Journey

Secara sangat singkat, RPN Our Journey bercerita tentang petualangan tiga tokoh utama, Trihörrèan, dalam mencari kedua belas pecahan Trihollían dan menggalang kekuatan dari seluruh bangsa demi mencegah terjadinya atau mengakhiri Thurin kedua. Pengarang memutuskan untuk membagi-bagi RPN Our Journey ke dalam beberapa bagian; satu bagian biasanya terdiri dari delapan bab. Hingga saat ini, terdapat lima bagian.

Part 1: Prologue

Chapter 1 hingga Chapter 8 berisi tentang latar belakang cerita, sistem yang digunakan, dan latar belakang para tokoh utama, meliputi Zhaxmâr, Hoshiro, Quésha, Lilíllth, Stãsh, dan sedikit tentang Xhazqun.

Part 2: The Destiny

Chapter 9 hingga Chapter 16 mengisahkan perjalanan Zhaxmâr, Hoshiro, dan Quésha hingga akhirnya bertemu satu sama lain. Bagian ini menyinggung tentang Ramalan Vandhuln 45 tentang Trihörrèan. Zhaxmâr harus menjalani tes untuk membuktikan dirinya Yang Terpilih, sementara Hoshiro mengawali takdirnya dengan mimpi buruk akan kutukan yang akhirnya membawanya ke Vandhuln untuk menguak kebenaran. Zhaxmâr dan Hoshiro, yang sejak saat itu dipanggil Èxsharaèn, dipertemukan di Gunung Örc setelah Zhaxmâr tertangkap oleh Örc. Mereka berdua menemukan Quésha secara tidak sengaja di sebuah penginapan di ibu kota.

Part 3: Journey to the Scattered Trihollían Pieces

Chapter 17 hingga Chapter 24 menceritakan awal perjalanan panjang mencari pecahan Trihollían. Dimulai di sebuah desa Kul Orag-i di luar Kerajaan Líghtran, mereka mendapatkan petunjuk dari Ramalan Vandhuln 46b yang mendaftarkan kedua belas Trihollían dan memaparkan cara mencarinya dalam teka-teki. Pada bagian ini, hanya tiga pecahan Trihollían yang berhasil didapatkan, yaitu Spiritum, Fæth, dan Intèlligènsia.

Part 4: High Alert in Líghtran!

Bagian ini adalah satu-satunya bagian yang mengizinkan pembaca untuk memilih bab manapun yang ingin dibaca dulu. Dimulai dengan Chapter 25 yang mengisahkan latar belakang terjadinya serangan Xhazqun ke Líghtran, sehingga para tokoh memutuskan untuk kembali ke kerajaan mereka dan membantu sebisanya. Berpencarnya para tokoh ini digambarkan pada Chapter 26 hingga Chapter 31, yang bisa dibaca dalam urutan mana pun. Walaupun demikian, Chapter 30 berlanjut ke Chapter 32, yang merupakan klimaks serangan Xhazqun.

Part 5: Keep On!

Bagian ini belum berakhir dan berisi Chapter 33 hingga Chapter 40. Perjalanan mencari pecahan Trihollían dilanjutkan dengan pencarian Stâfh, Spirita il Wrâth, Rasío, dan Physica il Wrâth.

Tokoh

Lihat juga: Tokoh Our Journey

Terdapat puluhan tokoh pada RPN Our Journey, yang meliputi tokoh utama, tokoh sampingan, dan tokoh antagonis. Walaupun demikian, cerita biasanya ditulis dari sudut pandang tokoh utama, menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Setting

Walaupun menggabungkan banyak RPG, RPN Our Journey menggunakan setting tersendiri yang tidak terdapat pada RPG manapun.

Waktu

RPN Our Journey terjadi pada tahun 154817 H.R., beribu-ribu tahun setelah terjadinya Thurin pertama.

Tempat

RPN Our Journey dimulai di Kerajaan Líghtran yang terletak di ujung Cèntrum-sish.

Bahasa

Lihat juga: Universa i Lingua

RPN Our Journey menggunakan bantuan sebuah bahasa yang diberi nama Bahasa Umum atau Universa i Lingua (disingkat UiL). Penamaan bahasa ini secara tidak sengaja sama dengan Bahasa Umum pada The Lord of the Rings, namun keduanya tidak berhubungan. Universa i Lingua diberi nama sebelum pengarang membaca buku The Lord of the Rings. Walaupun demikian, RPN Our Journey tetap ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Umum hanya digunakan untuk merujuk nama tertentu, biasanya nama magi. Selain Universa i Lingua, terdapat bahasa Illzhath yang biasa digunakan oleh bangsa kegelapan, terutama Xhazqun.

Spin-off

Lihat juga: Tales of the Untold Journey

RPN Our Journey memiliki satu spin-off yang belum rilis untuk umum, yaitu Tales of the Untold Journey. Tales of the Untold Journey berisi beberapa hal yang tidak ditemukan di Our Journey, sekaligus untuk mengisi beberapa kekosongan plot yang dapat terjadi, seperti masa lalu Xath.

RPG Our Journey

Lihat juga: Our Journey (RPG)

Our Journey telah diadaptasikan ke dalam RPG menggunakan bantuan RPG Maker XP. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, RPG ini hanya berisi Chapter 9 hingga 12 dan tidak dilanjutkan. Per Juli 2014, RPG Our Journey dibuat ulang menggunakan RPG Maker VX Ace.[2]

Referensi

  1. Chapter 41: The Trip to Damnation (membutuhkan akses masuk)
  2. v0.3