Karsh

Dari RPG Fantasy Web Indonesia Wiki
Langsung ke: navigasi, cari

Karsh dalam Universa i Lingua berarti pekerjaan. Hampir seluruh orang di Gaia memiliki karsh, dan karsh menentukan statistik serta kemampuan dasar yang dimiliki seseorang, walaupun tidak menutup kemungkinan kemampuan tersebut dipelajari secara terpisah. Beberapa tokoh dalam RPN Our Journey tidak memiliki karsh maupun tidak terpengaruh sistem ini.

Sejarah

Seiring dengan semakin banyaknya bangsa Humani yang mendiami Gaia, pembagian tugas pun diperlukan. Untuk memperjelas pembagian tugas ini, Departemen Karsh Gaia akhirnya menerbitkan buku petunjuk karsh yang berisi semua karsh yang dapat diambil, statistik dan kemampuan yang dapat diperoleh dengan mengambil karsh tersebut. Tidak ada yang tahu dari mana asal-usulnya sehingga dengan mengambil karsh tertentu seseorang dapat memiliki kemampuan tambahan yang tidak dimiliki karsh lainnya. Karsh sempat menjadi sebuah status sosial, yang dapat memandang tinggi atau rendah suatu karsh, sebelum Departemen Karsh akhirnya menegaskan bahwa karsh hanyalah sebuah penegasan untuk tugas seseorang selama hidupnya. Walaupun demikian, hingga kini beberapa karsh saling bertentangan.

Aturan

Menurut Departemen Karsh, seseorang hanya dapat mengambil satu karsh dalam sekali waktu. Seseorang wajib mengambil karsh-nya pada umur tujuh belas tahun. Ketika seseorang genap berumur tujuh belas, ia wajib mendaftarkan diri di perwakilan Departemen Karsh di negaranya. Sekali didaftarkan, karsh tidak dapat diganti, kecuali dengan alasan tertentu. Untuk mengganti karsh, seseorang harus menjalani sidang penggantian karsh. Hanya bangsa Zion yang tidak terikat dengan aturan ini, walaupun mereka tetap melaporkan karsh mereka secara berkala ke Departemen Karsh.

Karsh di Kerajaan Líghtran

Líghtran memiliki aturan tersendiri mengenai karsh yang sudah diterima oleh Departemen Karsh Gaia. Penduduk Líghtran dapat mengambil hingga tiga jenis karsh:

  • Primari i karsh (karsh utama) adalah karsh yang ditetapkan sesuai aturan Departemen Karsh Gaia. Karsh ini biasanya mempengaruhi seseorang sebanyak 80% hingga 95% jika diambil bersamaan dengan karsh lainnya. Untuk mengganti primari i karsh, seseorang harus datang langsung ke kantor pusat Departemen Karsh cabang Líghtran di ibu kota.
  • Sècöndari i karsh (karsh sampingan) sifatnya opsional, boleh diambil boleh tidak. Karena itu, sècöndari i karsh tidak wajib diambil dan bisa diganti di cabang terdekat Departemen Karsh. Sècöndari i karsh biasanya mendukung primari i karsh, baik memperkuat statistik (misalnya Summön-i-ru yang didukung Sörcerr-i-ru maupun Magia-i-ru akan memiliki INT sangat besar), menutupi kelemahan primari i karsh (misalnya Xatria yang memiliki AGL rendah dapat mengambil karsh sampingan Pölisia yang memiliki AGL tinggi), atau bahkan sekedar mendukung pekerjaan primari i karsh (misalnya Spiön-i-ru yang merupakan turunan langsung dari Thæft).
  • Xandhium i karsh (karsh tambahan) tidak wajib dimiliki, dan biasanya hanya diambil ketika seseorang membutuhkan penghasilan tambahan. Xandium i karsh hanya memberikan bonus kecil dibandingkan sècöndari i karsh sehingga tidak terlalu banyak orang yang mengandalkan karsh ini. Tidak ada batasan jumlah xandhium i karsh yang boleh diambil, namun biasanya seseorang tidak mengambil lebih dari tiga xandhium i karsh dalam sekali waktu.

Penamaan

Hampir semua karsh dinamakan menggunakan Universa i Lingua, kecuali beberapa karsh yang tidak umum (biasanya berasal dari Zion). Karsh sendiri selalu disebutkan menggunakan kata benda jamak, kecuali jika menyebutkan orang tunggal. Jika tidak ada konteks, karsh selalu disebutkan sebagai kata jantan. Untuk merujuk wanita, cukup tambahkan akhiran -èn.

RPN Our Journey menggunakan aturan khusus untuk merujuk pada seseorang atau sekelompok orang yang memiliki karsh yang sama. Secara umum, kata bantu bilangan seorang, sekelompok, dsb. tidak digunakan, dan karsh tersebut disebutkan menggunakan bentuk tunggal atau jamak (sesuai konteks), kecuali jika karsh tersebut tidak memiliki bentuk tunggal. Sebagai contoh, untuk menyebutkan "seorang prajurit", RPN menuliskan "Söldium", namun "seorang pencuri" tetap ditulis "seorang Thæft". Perkecualian pada aturan ini ditemukan jika karsh tersebut diikuti dengan kata bantu bilangan yang menyatakan 'salah satu'; nama karsh itu dapat dibiarkan apa adanya atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.[1]

Referensi

  1. Chapter 25, Split Up!, hal. 3