Trihollían: Perbedaan revisi

Dari RPG Fantasy Web Indonesia Wiki
Langsung ke: navigasi, cari
k (Melindungi "Trihollían" (‎[edit=sysop] (selamanya) ‎[move=sysop] (selamanya)))
k (Pembetulan tautan ke RPN Our Journey)
 
Baris 1: Baris 1:
'''Trihollían'''  adalah sebuah relik yang menjadi titik pusat kisah [[RPN Our Journey]]. Relik ini berbentuk kristal emas bening berbentuk segi tiga dan terdiri dari dua belas bagian. Trihollían terinspirasi dari [[Triforce]] dalam [[Legend of Zelda]].
+
'''Trihollían'''  adalah sebuah relik yang menjadi titik pusat kisah [[Our Journey (RPN)|RPN Our Journey]]. Relik ini berbentuk kristal emas bening berbentuk segi tiga dan terdiri dari dua belas bagian. Trihollían terinspirasi dari [[Triforce]] dalam [[Legend of Zelda]].
  
 
== Sejarah ==
 
== Sejarah ==

Revisi terkini pada 23 Februari 2013 21.59

Trihollían adalah sebuah relik yang menjadi titik pusat kisah RPN Our Journey. Relik ini berbentuk kristal emas bening berbentuk segi tiga dan terdiri dari dua belas bagian. Trihollían terinspirasi dari Triforce dalam Legend of Zelda.

Sejarah

Menurut Chapter 1, setelah Thurin pertama selesai pada tahun 80420 H.R., ketiga Trihörrèan menyegel jiwa mereka dalam wujud kristal emas bening berbentuk segi tiga. Untuk mengantisipasi kekuatan jahat yang mungkin bangkit lagi dan menyebabkan Thurin kedua, para dewa-dewi pun ikut menyegel kekuatan mereka ke dalam Trihollían, membaginya menjadi dua belas bagian, dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Pecahan Trihollían ini tersegel dengan aman dan tidak menampakkan diri sampai menjelang Thurin kedua pada tahun 154817 H.R..

Komponen

Berdasarkan sejarah, Trihollían terbagi menjadi tiga bagian utama, dengan tiap bagian terbagi lagi menjadi empat bagian kecil. Ramalan Vandhuln 46b memberikan dengan jelas nama setiap bagian, namun posisi dan cara mendapatkan tiap bagian disembunyikan dalam sebuah puisi panjang. Trihörrèan kedua harus mengumpulkan kedua belas bagian Trihollían dan menyatukannya kembali menjadi sebuah Trihollían utuh. Hanya ada petunjuk samar tentang susunan Trihollían yang benar pada bagian terakhir Ramalan Vandhuln 46b. Tiap pecahan memiliki tonjolan dan lubang yang digunakan untuk menyatukan pecahan yang lain, dan untuk tiap bagian utama terdapat satu pecahan Trihollían yang mudah diidentifikasikan sebagai pusat dari semuanya karena seluruh sisinya memiliki tonjolan.

Hingga bab 40, susunan Trihollían yang tepat masih belum diketahui. Untuk itu, yang tertulis pada bagian-bagian berikut hanyalah perkiraan.


Varuniath

Varuniath berarti kekuatan dalam Universa i Lingua. Menurut Ramalan Vandhuln 46b: 120—120b, Varuniath dilambangkan memiliki empat bagian yang melambangkan kekuatan fisik, kekuatan mental, kekuatan Ibu Bumi, dan restu dari segala kekuatan yang melebihi segala kekuatan. Berdasarkan petunjuk ini, Trihörrèan mengelompokkan empat Trihollían berikut ke dalam Varuniath, yang hingga Chapter 40 dibawa Èxsharaèn.

Physica il Wrâth

Dalam Universa i Lingua, Physica il Wrâth berarti kekuatan fisik. Menurut Ramalan Vandhuln 46b: 73—77, Physica il Wrâth tersembunyi di sebuah negeri tempat semua kekuatan diadu. Dugaan sementara, Physica il Wrâth berada di Ölympiad. Physica il Wrâth belum ditemukan hingga Chapter 40.

Spirita il Wrâth

Dalam Universa i Lingua, Spirita il Wrâth berarti kekuatan mental, yang merujuk pada kemampuan manusia untuk menggunakan magi. Menurut Ramalan Vandhuln 46b: 78—84, Spirita il Wrâth berada di Negeri Pasir Emas. Spirita il Wrâth ditemukan di Glyph pada Chapter 37.

Varh Gaia qu Wrâth

Dalam Universa i Lingua, Varh Gaia qu Wrâth berarti kekuatan Ibu Bumi. Menurut Ramalan Vandhuln 46b: 89—96, Varh Gaia qu Wrâth berada di sebuah tempat yang tidak memiliki musim. Lokasi Varh Gaia qu Wrâth masih belum jelas, namun ada dugaan bahwa Trihollían ini terdapat di Pulau Dewata. Varh Gaia qu Wrâth belum ditemukan hingga Chapter 40.

Chrono

Dalam Universa i Lingua, Chrono berarti waktu. Menurut Ramalan Vandhuln 46b: 97—107, Chrono adalah Trihollían tersulit yang harus ditemukan, karena lokasinya tidak diberitahukan dan tersembunyi di suatu masa, namun jelas diterangkan dalam Ramalan bahwa seseorang harus mengarungi waktu untuk menemukan Chrono. Ramalan Vandhuln 46b: 108—116 menjelaskan dua cara mengarungi waktu, yaitu pergi ke Zion atau mencari Chrono i Ramth (UiL: Bapa Waktu). Chrono belum ditemukan hingga Chapter 40.

Brath

Brath berarti kebijaksanaan. Menurut Ramalan Vandhuln 46b: 121—121a, keempat Trihollían penyusun Brath haruslah memiliki sesuatu yang hanya dimiliki manusia tentang kebijaksanaan. Brath dibuat untuk menjaga Varuniath agar tidak disalahgunakan. Hingga Chapter 40, Trihollían yang dianggap memiliki Brath dibawa Zhaxmâr.

Harnulth

Dalam Universa i Lingua, Harnulth berarti kebijaksanaan. Harnulth adalah Trihollían termudah yang dapat ditemukan karena Harnulth akan diberikan kepada siapa saja yang bisa membuktikan bahwa ia adalah salah satu dari Yang Terpilih, berdasarkan Ramalan Vandhuln 46b: 5—11. Zhaxmâr berhasil mendapatkan Harnulth setelah mengalahkan Gargaloa di Faran Ramfhan, yang diceritakan di Chapter 11.

Intèlligènsia

Dalam Universa i Lingua, Intèlligènsia berarti kecerdasan. Intèlligènsia dirujuk secara jelas oleh Ramalan Vandhuln 46b: 51—57 di Negeri Tanpa Sihir. Ramalan ini sendiri memicu perang saudara di Zion, yang dimanfaatkan Xhazqun dengan mengirim Atalarocrast untuk semakin memecah belah negeri itu. Trihörrèan mengunjungi negeri ini pada Chapter 24 dan berhasil mengalahkan Atalarocrast serta mendapatkan Intèlligènsia.

Rasío

Dalam Universa i Lingua, Rasío berarti akal. Keberadaan Rasío disandikan secara cerdik oleh Ramalan Vandhuln 46b: 58—66a dengan dua pertanyaan yang harus dijawab untuk menemukan Rasío, membuat banyak pengelana yang mencoba mencari Rasío namun tidak pernah menemukannya, kecuali Aiyâth yang akhirnya menemukan Rasío dan menjaganya untuk ditemukan Trihörrèan di Chapter 38.

Pyura il Xâthna

Dalam Universa i Lingua, Pyura il Xâthna berarti hati nurani. Pyura il Xâthna digambarkan oleh Ramalan Vandhuln 46b: 67—72 berada di Negeri Tanpa Ampun, menjadikannya salah satu Trihollían yang paling berbahaya untuk ditemukan karena berada di wilayah kekuasaan Xhazqun. Pyura il Xâthna akhirnya ditemukan di Vulian pada Chapter 39, mematahkan Ramalan karena ketidakakuratannya.

Fhiranth

Fhiranth berarti keberanian. Ramalan Vandhuln 46b: 122—122a memberikan petunjuk dengan gamblang tentang keempat Trihollían penyusuh Fhiranth, yang dapat ditemukan di ayat terakhir beberapa bagian Ramalan. Fhiranth dibuat untuk bisa mengendalikan Brath dan Varuniath karena kekuatannya yang luar biasa. Karena tujuan perjalanannya mencari keberanian, Quésha didapuk untuk membawa Fhiranth.

Stâfh

Dalam Universa i Lingua, Stâfh berarti harapan. Petunjuk menemukan Stâfh sangat jelas diberikan oleh Ramalan Vandhuln 46b: 47—50 yang menyatakan bahwa Stâfh dapat ditemukan di Fanun, walaupun cara mendapatkannya tidak semudah yang dibayangkan. Stâfh ditemukan pada Chapter 35, walaupun mengakibatkan hancurnya Fanun dan terbentuknya Stallin.

Fæth

Dalam Universa i Lingua, Fæth berarti keyakinan. Ramalan Vandhuln 46b: 37—46 menyatakan bahwa Fæth disimpan oleh saudara jauh manusia, di sebuah tempat yang tidak memiliki cahaya dan jauh di bawah tanah. Chapter 23 menunjukkan bahwa tempat ini jauh berada di dalam lautan, bernama Athmândis. Èxsharaèn mengunjungi Athmândis secara tidak sengaja saat tenggelam setelah serangan Zion di dekat Pört il Marmish, di Lautan Virik, dan Fæth akhirnya ditemukan di salah satu kuil di Jarkart, walaupun keasliannya mulai diragukan karena selama perjalanan Fæth sering berubah keruh.

Spiritum

Dalam Universa i Lingua, Spiritum berarti semangat. Ramalan Vandhuln 46b: 12—25 memberikan petunjuk dengan rinci lokasi dan cara mendapatkan Spiritum, yang bisa didapatkan di Gunung Pyura dan hanya pada saat musim salju. Chapter 19 menceritakan usaha para Trihörrèan mendapatkan Spiritum.

Bravâgna

Dalam Universa i Lingua, Bravâgna berarti keberanian. Bravâgna menuntut keberanian pencarinya karena Ramalan Vandhuln 46b: 26—36 mengatakan Bravâgna tersembunyi di sebuah negeri yang sangat ditakuti, dan untuk memasukinya seseorang harus meninggalkan kehidupannya yang tersisa. Negeri itu adalah Negeri Orang Mati. Hingga Chapter 40, kelompok Trihörrèan pun belum berani berusaha mendapatkannya.